Balon Kata Fungsi Penjelasan dan Jenisnya

Balon Kata – Pernah kah kalian membaca suatu komik? dan menemukan gelembung atau balon di setiap percakapan yang ada? gelembung atau balon tersebut adalah Balon Kata.

Balon tersebut mempunyai fungsi agar komik terlihat lebih komunikatif, untuk itu diperlukan teks untuk mempertajam pesan yang akan disampaikan. Teks tersebut diletakan dalam balon kata. Balon kata adalah tempat untuk meletakkan dialog atau narasi pada komik.

Seringkali dalam komik balon tersebut mempunyai beragam bentuk seperti basic bubble, vertical bubble ataupun multi bubble. 

balon kata
Balon Kata


Penggunaan balon ini merupakan fungsi bahasa dari komik. 

Secara garis besar balon kata dapat digolongkan ke dalam tiga bentuk, yaitu :

  • Balon Ucapan merupakan representasi ucapan yang dibuat dalam gambar yang berbentuk gelembung dan mempunyai ekor meruncing yang mengarah pada mulut atau karakter tokoh yang mengucapkan.
  • Balon pikiran merupakan representasi dari tokoh yang ingin menyampaikan atau mengatakan pikiran perasaan, tetapi secara harfiah dan tidak diungkapkan. Akan tetapi pembaca perlu memahaminya sebagai ungkapan yang tidak dituangkan secara verbal.
  • Caption umumnya digunakan untuk memisahkan atau menjelaskan naratif yang tidak menggunakan dialog sehingga yang terjadi dalam caption ini dibedakan untuk menunjukkan fungsi dari gelembung kata

Itulah fungsi dari balon yang mempunyai beragam fungsi dan bentuk di dalam mempertajam suatu percakapan dalam komik. semoga catatan kecil ini dapat membantu

0 Response to "Balon Kata Fungsi Penjelasan dan Jenisnya"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel