Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 4 Halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102
Kunci jawaban tematik tema 4 kelas 4 halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102 - kunci jawaban ini dapat digunakan oleh orang tua yang sedang membimbing anak - anaknya selama pembelajaran jarak jauh atau online learning.
Ayo Membaca
Mendengarkan dongeng sangat menyenangkan. Indonesia kaya akan dongeng. Banyak diantaranya yang didongengkan. Adakah pendongeng di sekitarmu?
Tupai dan Ikan Gabus
Dahulu kala, hiduplah sepasang sahabat di daerah Kalimantan Barat. Mereka adalah seekor tupai dan seekor ikan gabus. Setiap hari mereka melakukan kegiatan bersama.
Mencari makan, bermain, bahkan mengunjungi tempat-tempat baru selalu dilakuan bersama.Suatu hari, Tupai tidak melihat Gabus, sahabatnya. Ia mencarinya ke tempat biasa Gabus tinggal. Saat bertemu, Tupai sangat kaget. Gabus terlihat lesu.
Ternyata ia sedang sakit. Tupai sangat sedih. Ia menawarkan makanan untuk sahabatnya, namun Gabus tidak berselera makan. Gabus hanya menginginkan satu jenis makanan yang diyakininya dapat menyembuhkan penyakitnya. Tupai berjanji akan mencari demi sahabatnya
Setelah Gabus mengatakan makanan yang dapat menyembuhkan penyakitnya, Tupai sangat kaget. Ia harus mencari hati ikan Yu. Ikan Yu sangat ganas. Tidak terpikir olehnya ia bisa mendapatkannya. Namun Tupai bertekad untuk mendapatkannya. Ia ingin sahabatnya sembuh.
Tupai kemudian melompat dari satu pohon kelapa ke pohon kelapa lainnya yang dekat dengan tepi pantai. Saat menemukannya, ia melubangi satu kelapa dan membiarkan airnya habis. Kemudian Sang Tupai masuk ke dalam kelapa. Angin kencang membuat kelapa jatuh ke pantai dan ikan Yu memakannya.
Di dalam perut ikan, Tupai kemudian keluar dari kelapa dan menggigit hati ikan Yu. Ikan tersebut mencoba bertahan sampai kehabisan tenaga. Ombak besar membawa ikan Yu ke tepi pantai. Saat itulah Tupai keluar dari mulut Ikan Yu dan membawa hati ikan kepada sahabatnya.
Sampai di tempat Ikan Gabus, Tupai kemudian memberikan hati ikan Yu untuk dimakannya. Beberapa hari kemudian, Tupai melihat sahabatnya segar kembali. Betapa senangnya Tupai melihat Ikan Gabus sehat seperti sediakala.
Kunci jawaban tematik tema 4 kelas 4 Halaman 96
Berdasarkan cerita tersebut, temukan unsur-unsur cerita yang ada dan tuliskan pada kolom berikut.
Judul : Tupai dan Ikan Gabus
Tokoh : Tupai ikan gabus dan ikan hiu
Sifat tokoh: tupai suka menolong dan ikan gabus sabar
tempat : kalimantan barat
awal cerita : tupai melihat ikan gabus lesu
akhir cerita : ikan gabus sehat seperti sedia kala
pesan moral : kita harus menolong terhadap sesama
Bagaimana pendapatmu tentang cerita tersebut?
Ceritanya sangat menarik yang menceritakan persahabatan dua ekor binatang.
Hal baik apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut?
Terhadap sesama teman harus saling tolong menolong
Sampaikan tulisanmu di depan kelas!
Ayo Berdiskusi
Bacalah teks berikut dalam hati!
Pekerjaan ayahku adalah pengrajin kayu. Ayahku membuat meja dan kursi.Untuk menghasilkan kursi, awalnya ayahku membeli kayu, memotongnya,membentuk menjadi kursi, menghaluskan, lalu mengecatnya.
Waktu yang dihabiskan untuk membuat kursi kurang lebih 1 minggu. Ayahku menjual meja dan kursi buatannya ke toko mebel. Di toko mebel itulah orang- orang bisa membeli meja dan kursi buatan ayahku.
Kunci jawaban tematik tema 4 kelas 4 Halaman 98
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Produk apa yang dihasilkan oleh ayah Beni?
Kursi dan meja
2. Apakah pekerjaan ayah Beni termasuk menghasilkan barang atau jasa? Jelaskan alasanmu?
Pekerjaan ayah beni menghasilkan barang seperti meja dan kursi
3. Apa saja yang harus dikerjakan oleh pengrajin kayu?
Yang pertama adalah membeli kayu dan memotongnya, lalu membentuk menjadi kursi setelah jadi harus dihaluskan dan dicat kursinya. terakhir adalah menjualnya ke toko
Kunci jawaban tematik tema 4 kelas 4 Halaman 99 100
Diskusikan hasilnya dengan temanmu!
Adakah pengrajin di sekitarmu?
Tulislah tentang pengrajin tersebut dengan memuat produk yang dihasilkan,sumber daya alam yang dipakai, jenis pekerjaan yang dilibatkan, dan manfaat terhadap masyarakat sekitar.
Dirumahku terdapat seorang pengrajin kayu, ia bernama Pak Dadi. Pak Dadi membuat ukiran pintu serta lemari, yang nanti ia jual sendiri di tokonya. bahan bahan yang dibutuhkan oleh pak dadi adalah kayu. barang - barang yang dibuat oleh pak dadi sangat bermanfaat karena dibutuhkan oleh masyarakat
Sumber daya alam yang digunakan oleh ayahku adalah kayu. Dari manakah kayu berasal? Apakah kayu tersebut dapat diperbarui?
Berikut adalah proses pengolahan kayu menjadi meja dan kursi.
Bersama dengan kelompokmu diskusikan pertanyaan berikut!
1. Jelaskan proses yang terjadi sehingga meja dan kursi bisa sampai di rumahmu!
Pohon ditebang lalu diangkut ke kota, kayu yang tadi dibawa di beli oleh pembeli yang memiliki toko mebel lalu di toko mebel tersebut terdapat pengrajin kayu yang membuat kayu tersebut diolah menjadi kursi dan meja
2. Profesi apa saja yang terlibat agar meja dan kursi sampai di rumahmu?
Penebang kayu, supir pengangkut kayu, pengrajin kayu, pedangan mebel
3. Ternyata perjalanan meja dan kursi hingga bisa ada di rumahmu cukup panjang, ya. Bagaimana sebaiknya kamu merawat meja dan kursi di rumahmu?
Sebaiknya meja dan kursi yang sudah dibeli selalu dirawat dengan cara membersihkannya dari debu. sebab barang - barang ini terbuat dari sumberdaya alam yang bisa berkurang
Ayo Mengamati
Perhatikan kenampakan hutan di Kalimantan pada gambar di bawah ini!Warna hijau menunjukkan adanya pohon dan warna putih menunjukkan hutan yang gundul.
Kunci jawaban tematik tema 4 kelas 4 Halaman 101
Menurutmu bagaimana perkembangan pohon yang ada di hutan Kalimantan dari tahun ke tahun? Diskusikan hasilnya dengan teman kamu.
tahun 1950 : seluruh wilayah kalimantan masih asri dengan banyaknya warna hijau (tanaman)
tahun 1985 : sedikit berkurangnya lahan hutan di kalimatan
tahun 2000 : hutan di kalimantan makin berkurang
tahun 2005 : hutan di kalimantan banyak berkurang
tahun 2010 : hutan kalimantan sama banyaknya dengan jumlah penduduk
tahun 2020 : tinggal sedikit lahan hutan yang tersedia
1. Bandingkan kenampakan hutan pada tahun 1950 dan 2010.
tahun 1950 : seluruh wilayah kalimantan masih asri dengan banyaknya warna hijau (tanaman)
tahun 2010 : hutan kalimantan sama banyaknya dengan jumlah penduduk
2. Menurutmu, mengapa kenampakan hutan pada tahun 1950 dan 2010 sangat berbeda?
banyaknya penebangan liar dan meledaknya jumlah pertumbuhan penduduk di Kalimantan
3. Bagaimana kondisi hutan jika terjadi penebangan terus-menerus?
Hutan akan habis tak tersisa
4. Apa yang akan terjadi jika pohon di hutan semakin berkurang?
berkurangnya lahan hijau dan banyak hewan yang kehilangan tempat tinggalnya
5. Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan?
Menjaga agar tidak menebang hutan sembarangan, memberikan sanksi kepada pelaku, tidak membunuh hewan di dalamnya, menerapkan sistem tebang tanam dan mengurangi penggunaan kertas berlebih
6. Sikap apa yang sebaiknya dimiliki oleh pengrajin kayu agar kelestarian hutan tetap terjaga?
Memiliah dan memilih pohon yang akan ditebang dan menanamnya kembali
Kunci jawaban tematik tema 4 kelas 4 Halaman 102
Menurut kamu, bagaimana kenampakan hutan di Kalimantan pada tahun 2030? Jelaskan pendapatmu!
Warnai peta di bawah ini dengan warna hijau untuk menunjukkan masih adanya pohon di hutan!
Menurut saya, keberadaan hutan tergantung kepada pemanfaatan kayu itu sendiri, serta sistem tebang tanam yang di terapkan, yang terakhir adalah jumlah penduduk yang ada.
Apa yang harus dilakukan untuk menghindari kerusakan hutan?
1. Melakukan tebang tanam pada hutan
2. Mengadakan penyuluhan tentang pentingnya menjaga hutan
3. Memberikan sanksi kepada pelaku perusakan hutan
4. Mempersempit pemberian ijin untuk menebang pohon
Tag: online classes online school online learning remote learning beasiswa scholarship university online colleges online college course
0 Response to "Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 4 Halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102"
Post a Comment