Kunci Jawaban Tematik Tema 7 Kelas 6 Halaman 53 54 55 58 59

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 53, 54, 55, 58, 59 - Kunci jawaban ini dapat digunakan sebagai bahan untuk mencocokan atau mengkoreksi tugas yang di berikan oleh guru di sekolah selama pembelajaran jarak jauh atau online school. 

Kunci Jawaban Tematik Tema 7 Kelas 6 Halaman 53 54 55 58 59

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 53 54

Ayo Menulis

Kamu sudah belajar tentang kepemimpinan dan nilai-nilai yang harus dimiliki. Di sekitar kita banyak pemimpin yang baik dan kita mengidolakannya. Apakah kamu memiliki seorang pemimpin idola? Siapakah dia? Mengapa kamu mengidolakannya?

Tulislah pemimpin idolamu dan nilai-nilai kepemimpinan yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Jangan lupa menuliskan contoh kegiatan yang telah dilakukannya.

Pemimpin idolaku adalah ayahku. Beliau ialah seorang tentara. Beliau hidup sederhana dan hidup yang sederhananya selalu di ajarkan ke anak - anaknya. Beliau selalu mengingatkan anak - anaknya untuk selalu beribadah. Jika beliau dirumah, beliau selalu mengajak salat berjamaah. 

Diskusikan tulisanmu dengan tulisan teman satu kelompokmu. Adakah persamaan antara hasil tulisanmu dengan hasil tulisan rnereka?

Gabungkanlah nilai-nilai kepemimpinan tokoh idolamu dan nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki oleh pemimpin idola teman satu kelompokmu. Pilihlah tiga nilai kepemimpinan dan contoh kegiatannya yang patut diteladani. Tuliskan ketiga nilai tersebut pada kotak yang bertuliskan ‘nilai’ dan tuliskan kegiatan yang telah dilakukannya pada kotak di sebelah kanan.


Kunci Jawaban Tematik Tema 7 Kelas 6 Halaman 53 54 55 58 59

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 55

Sampaikan hasil kerja kelompokmu kepada teman satu kelas. Apakah kamu melihat persamaan dan perbedaannya?

Pemimpin idola dapat berasal dari berbagai kalangan. Diskusikan siapa saja para pemimpin idola teman sekelasmu. Apakah mereka bekerja di bidang politik, sosial, budaya, ekonomi atau pendidikan. Catat hasil diskusimu. Kamu bisa mempelajari contoh yang diberikan.

Nama pemimpin Idola : Badru 

Posisi : Kepala Desa 

Bidang : Politik 

Prestasi : Menjalankan program budaya tegur sapa 


Nama pemimpin idola : Tomi 

Posisi  : Guru 

Bidang : Pendidikan 

Prestasi : Menjalankan program jumat bersih di lingkungan sekolah 


Nama pemimpin idola : Beni 

Posisi : Dokter 

Bidang : Kesehatan 

Prestasi : Melakukan penyuluhan tentang menjaga kesehatan 


Nama pemimpin idola : Jamil

Posisi : Teknisi

Bidang : Teknologi 

Prestasi : Membuat jaringan internet semakin cepat


Pemimpin idola memiliki nilai-nilai yang terlihat dalam kegiatan kesehariannya. Sebaiknya, kita banyak belajar dari para pemimpin yang menjadi pujaan atau idola kita.

Kamu bisa menuliskan tokoh idolamu, lembaga tempatnya bekerja, tugas, dan manfaat kelembagaan pada tabel berikut. Perhatikan contoh yang ada sebelum mengerjakan tugasmu.



Pemimpin idola : Dokter 

Kelembagaan : Rumah sakit sebagai kelembagaan sosial 

Tugas : Merawat warga yang sakit,dan memberi penyuluhan kesehatan

Manfaat lembaga : Tempat warga berobat, dan tempat warga mendapatkan obat 


Pemimpin idola : Kepala sekolah 

Kelembagaan : Sekolah sebagai tempat belajar 

Tugas : Memberikan ilmu kepada murid murid 

Manfaat lembaga : Tempat murid belajar dan menuntut ilmu 


Pemimpin idola : Tentara 

Kelembagaan : Militer 

Tugas : Menjaga kedamaian dan ketertiban negara 

Manfaat lembaga : Memberikan kedamaian kepada warga negara 

 

Ayo Membaca

Kita mengidolakan seorang pemimpin karena kita tahu mereka bekerja untuk kepentingan rakyatnya. Ayo, belajar dari salah seorang pemimpin yang patut kita teladani melalui bacaan berikut!


Pamanku, Lurah Idola

Ini cerita tentang pamanku, Badi namanya. Ia seorang lurah di desanya. Warga biasa memanggilnya dengan sebutan Pak Lurah. Tetapi, aku tahu mereka mengenal dekat, hormat, serta sayang kepada beliau.

Walau menjabat sebagai lurah, pamanku hidup sederhana. Gaji dan fasilitas yang diperolehnya tidak digunakan untuk kepentingan pribadinya. Rumahnya tetap mungil sederhana, hanya berlantai semen.

“Ah, untuk apa rumah mewah, berlantai keramik? Yang penting bersih dan nyaman saja. Lantai semen justru terasa lebih dingin kan?” ujarnya ketika aku mengomentari rumahnya.

Ternyata, dari cerita bibi aku tahu. Paman menyisihkan gajinya justru untuk meningkatkan kesejahteraan warganya. Dibangunnya balai belajar sederhana untuk tempat warga belajar membaca. Paman ingin warganya maju. Ia ingin warganya melek informasi.

Bergantian dengan bibi, di sore hari, paman mengajar membaca di balai belajar. Ia sabar dan penuh canda, sehingga warga tak sungkan belajar dengannya. Kadang warga seperti lupa, bahwa sang guru adalah lurah, pejabat pemerintahan desa. Paman sedikit demi sedikit juga menyediakan berbagai buku di balai belajar. Berbagai buku disediakan, seperti buku bercocok tanam, pemeliharaan hewan, atau buku pengetahuan umum tersedia di sana. Ia selalu menyisihkan sebagian gajinya untuk membeli buku di pasar buku bekas.

Bukan hanya memikirkan kesejahteraan warganya, pamanku juga selalu bermusyawarah dengan warga sebelum menentukan kebijakan. Aku ingat, pernah sekali waktu sekelompok investor datang menemui paman. Mereka ingin membangun toko swalayan di desa. Sebagai lurah, paman dapat saja langsung menyetujui, tetapi paman justru mengumpulkan warga untuk berdiskusi. Dikemukakannya dampak positif dan negatif jika ada toko swalayan di desa mereka.

Sebagian besar warga tidak setuju karena khawatir akan mengalahkan usaha kecil warga. Warung dan pasar tradisional akan tersaingi. Tanpa ragu paman pun menolak rencana pembangunan toko swalayan tersebut.

Aku yakin, banyak warga yang ingin dipimpin oleh lurah seperti Pak Badi, pamanku. Seorang pemimpin yang memilih untuk tidak menjulang tinggi di tengah kesederhanaan warganya. Seorang pemimpin yang memilih untuk berjuang maju bersama warganya.


Perhatikan nilai-nilai yang dimiliki oleh tokoh pemimpin pada teks bacaan di atas. Sebagai seorang pemimpin, ia sedang mengamalkan nilai-nilai persatuan. Apa yang dilakukannya merupakan wujud dari cintanya terhadap tanah air. Berikut nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila, yaitu “Persatuan Indonesia”.

  1. Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara apabila diperlukan.
  2. Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
  3. Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.
  4. Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.
  5. Memajukan persatuan dan kesatuan bangsa.


Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 58

Apakah kamu telah menerapkan nilai-nilai persatuan? Tulislah contoh penerapan nilai-nilai persatuan saat kamu berada di sekolah. Jangan lupa sertakan manfaatnya bagimu dan lingkungan sekitarmu.

Contoh penerapan nilai-nilai persatuan di sekolah :

1. Melakukan piket 

Manfaatnya adalah menanamkan sikap menjaga kebersihan lingkungan 


2. Melakukan kerja kelompok 

Manfaatnya melatih sikap gotong royong 


3. Menolong teman ketika mendapat musibah 

Manfaatnya adalah melatih sikap empati terhadap sesama 



Ayo Mencoba

Lurah idola, seperti tokoh dalam cerita sebelumnya, memang dicintai masyarakatnya. Penduduk dengan beragam latar belakang agama, sosial, suku bangsa, dan budaya dapat bersatu karena seorang lurah yang bekerja keras untuk penduduknya.

Sebagai pelajar, kamu pun dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi lingkunganmu.

Buatlah rencana pidato yang mengajak teman sekolahmu untuk membantu adik kelas atau warga di lingkungan rumah untuk belajar membaca. Susunlah naskah pidato dengan struktur penyusunan pidato yang telah dipelajari sebelumnya.


Teks pidato harus memuat:

1. Salam pembuka :

Berisikan kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan lain-lain)


2. Pendahuluan

Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas.

Kali ini, kamu akan membahas pengamalan persatuan dan kesatuan di lingkungan, yaitu meningkatkan kualitas warga. Kamu akan membantu adik kelas atau warga di lingkungan rumahmu untuk membaca.


3. Inti

Berisikan pembahasan topik secara lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.


4. Keterangan lengkap tentang topik disampaikan secara rinci 


5. Penutup

Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.


6. Salam penutup

Berisi kalimat salam penutup seperti ‘terima kasih’.


Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 59

Kamu akan berpidato bergiliran di hadapan adik kelas dan guru-gurumu di pertemuan berikutnya.


Salam Pembuka : 

Selamat pagi Bapak, Ibu, dan teman-teman semua. Hari ini, kita akan saling berbagi cerita dan pengalaman tentang pentingnya budaya membaca.


Pendahuluan : 

Membaca adalah sebuah keharusan bila kita ingin menguasai dunia. Dengan membaca, pandangan kita menjadi lebih terbuka terhadap tidak kita ketahui sebelumnya. Bila sebelumnya membaca identik dengan buku, maka di jaman yang serba digital ini membaca tidak hanya terpaku pada membaca buku karena segala informasi terkini telah tersedia di dunia maya.


Inti : 

Banyaknya buku bacaan yang dimiliki perpustakaan, diharapkan dapat meningkatkan minat baca peserta didik. Untuk itu marilah kita ciptakan suasana yang nyaman saat membaca. Lakukan kegiatan secara bertahap.

Misalnya dari selembar artikel, bertahap ke buku yang tipis hingga buku yang tebal. Selanjutnya cermati apa yang kita baca agar dapat diterima ilmunya secara maksimal. Marilah kita tumbuhkan minat membaca, untuk menambah wawasan kita mengenai dunia dan lingkungan sekitar kita.


Penutup : 

Demikianlah cerita saya tentang menumbuhkan minat baca. Bagaimana cerita teman-teman? saya juga ingin mendengar dan belajar dari cerita kalian.


Salam Penutup : Terima kasih.

Tag: online classes online school online learning remote learning beasiswa scholarship university online colleges online college course PHD on Counseling Education Massage School Dallas Texas Home Phone Internet Bundle Holland Michigan College Donate Your Car for Kids Forensics Online Course

0 Response to "Kunci Jawaban Tematik Tema 7 Kelas 6 Halaman 53 54 55 58 59"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel