Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 59 Buku tematik pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 59 Buku Tematik Pembelajaran 1 - Kunci jawaban ini dapat digunakan sebagai bahan untuk mencocokan atau mengkoreksi tugas yang di berikan oleh guru di sekolah selama pembelajaran jarak jauh atau online school. 

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 59 60 61 62 63 64 65 66 Buku Tematik Pembelajaran 1

Pada minggu siang Lain asyik menonton televise. Di televise ada iklan sirop. Lani terpengaruh iklan sirop di televisi. Lani ingin membuat es sirop. Lani kemudian meminta ibu untuk mengajarkan cara membuat es sirop. Saat hendak membuat es sirop, ternyata gula di dapur habis. Ibu lalu meminta Lani membeli gula di warung. Dengan senang hati, Lani membeli gula ke warung.

Setelah membeli gula, Lani dan ibunya melanjutkan membuat es sirop. Dalam larutan sirop terdapat dua penyusut larutan, yaitu air dan gula. Oleh karena itu, sirop termasuk zat campuran. Air dan gula sebagai penyusun larutan sirop merupakan zat tunggal. Itulah contoh zat tunggal dan zat campuran. Bagaimanakah perbedaan antara zat tunggal dan zat campuran? Temukan jawabannya pada uraian materi berikut.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lani terpengaruh iklan dari televise, yaitu iklan sirup. Iklan yang ditayangkan melalui televise merupakan salah satu contoh iklan elektronik. Mengapa demikian? Alasannya televise merupakan salah satu media elektronik. Adapun yang dimaksud iklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya menggunakan media elektronik. Apa saja bentuk iklan elektronik itu? 

Ayo membaca 

Iklan elektronik banyak jenisnya. Tiga di antaranya yang akan kita pelajari saat ini. Ketiga jenis iklan tersebut adalah iklan radio, iklan televise, dan iklan internet. Bagaimanakah karakteristik ketiga iklan elektronik tersebut? Ayo baca satu per satu uraian singkat berikut.


1. Radio 

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 59 60 61 62 63 64 65 66 Buku Tematik Pembelajaran 1

Radio merupakan media auditif yang bersifat atraktif. Artinya radio adalah media yang mengandalkan pendengaran untuk menyapa pendengarnya. Oleh karena itu, pemaparan iklan melalui media radio memiliki karakteristik atau ciri khas. Iklan di radio hanya dapat didengarkan melalui audio atau suara. Suara yang diperdengarkan dapat berupa voice (suara/ kata-kata manusia yang teratur), music (perpaduan bunyi-bunyian yang teratur dengan ritme tertntu dan harmonis), dan efek suara (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam)


2. Iklan Televisi

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 59 60 61 62 63 64 65 66 Buku Tematik Pembelajaran 1

Iklan televisi adalah iklan yang disiarkan melalui televisi. Iklan televisi sangat menarik karena merupakan kombinasi dari suara, gambar, dan gerak. Iklan televisi memiliki karakteristik, yaitu dapat dilihat dan didengar. Oleh karena itu, iklan yang disampaikan melalui televisi sangat menarik perhatian dan mengesankan.


3. Iklan Internet

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 59 60 61 62 63 64 65 66 Buku Tematik Pembelajaran 1

Iklan internet adalah iklan yang ditampilkan melalui jaringan internet. Bentuknya beragam, ada iklan yang hanya dapat didengar, ada pula yang dapat dilihat sekaligus didengar. Iklan internet muncul sesuai perkembangan teknologi informasi. Iklan internet mampu meningkatkan kapasitas dan kecepatan perputaran informasi. Melalui internet, informasi dapat disampaikan secara dramatis dan interaktif.


Ayo Mengamati

Perhatikan tiga paparan iklan melalui media radio, televisi, dan internet berikut. 1. Paparan Iklan Melalui Radio Untuk menayangkan iklan melalui radio perlu dibuat naskah terlebih dahulu. Naskah iklan radio sesuai konsep dari produk yang akan diiklankan.

Naskah iklan radio dibuat dengan mempertimbangkan skenario iklan, baik dialog, monolog, musik, maupun efek suara. Musik dan efek suara dalam naskah iklan radio diperlukan untuk menciptakan suasana yang mendukung skenario. Amati paparan iklan radio melalui naskah berikut.


Iklan Pewangi Ruangan

Efek suara : (SUARA LALAT)

Anak Perempuan : Mama kamar adik banyak lalat

Mama : Wah, mungkin karena bau tak sedap, dik

Anak Perempuan : Iya, ma tolong hilangkan bau tak sedapnya

Mama : Tenang, mama punya antinya

Efek suara : (Suara semprotan nyamuk)

Anak Perempuan : Wah, wangi sekali, Ma

Mama : Jelas dong, kan mama pakai Segar Wangi pewangi ruangan bau tak sedap langsung KO

Musik : Gitar klasik bernuansa ceria (UP-IN-DOWN)

Narasi : Ya, gunakan Segar Wangi, bau tak sedap langsung hilang.

Apa isi iklan radio yang dapat kamu amati dari naskah di atas?


Berdasarkannaskah iklan radio, dapat disimpulkan bahwa iklan radio yang akan dipaparkan berisi ajakan untuk menggunakan Segar Wangi, pengharumruangan yang bisa menghilangkan bau tidak sedap dan mengusir lalat dalam sekejap.


2. Paparan Iklan Melalui Televisi

Pembuatan iklan televisi diawali dengan membuat rancangan. Rancangan dalam bentuk skrip dan papan cerita (sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai naskah). Setelah disetujui oleh pengiklan barulah rancangan iklan itu dibuat di rumah produksi. Berikut contoh paparan iklan melalui televisi.

Berdasarkan gambar iklan melalui televisi di atas kamu dapat mengetahui isi iklan yang akan dipaparkan melalui televisi. Isi iklan tersebut yaitu cara mudah membuat mulut segar. Hanya dengan permen karet “Planet Segar”, mulutmu akan terasa segar, sesegar habis menggosok gigi.

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 59 60 61 62 63 64 65 66 Buku Tematik Pembelajaran 1


3. Paparan Iklan Melalui Internet

Itulah salah satu contoh iklan yang dipaparkan melalui internet. Iklan di atas merupakan iklan internet jenis banner. Iklan internet jenis banner yaitu iklan pada papan iklan mini yang tersebar pada sebuah halaman web.

Isi iklan internet tersebut adalah menawarkan produk makanan. Produk makanan yang ditawarkan adalah mi instan dengan merk Yumi Mie. Mi instan ini dapat dinikmati saat sibuk ataupun santai, baik sendiri maupun bersama teman-teman. Yumi Mie merupakan makanan cepat saji yang enak jika dinikmati saat masih hangat. Suasana pun akan semakin hangat dengan ditemani Yumi Mie.

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 59 60 61 62 63 64 65 66 Buku Tematik Pembelajaran 1


Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 59

Ayo Berlatih

Kamu telah memahami berbagai bentuk iklan elektronik. Sekarang, coba kamu pilih satu bentuk iklan elektronik yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Buatlah contoh iklan elektronik. Cantumkan naskah iklannya jika iklan yang kamu pilih iklan radio atau iklan televisi. Kemudian, tuliskan skrip dan papan ceritanya. Jika kamu memilih iklan internet, tempelkan iklan pada lembaran kertas. Selanjutnya, buat kesimpulan isi dari iklan elektronik yang kamu buat. Tuliskan kesimpulan di bawah naskah iklan, skrip dan papan cerita, atau gambar iklan yang kamu buat. Presentasikan hasil berlatihmu dalam mengidentifikasi iklan elektronik di depan kelas.

Kumpulkan hasilnya kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.

Contoh Iklan Elektronik 

(Iklan Radio, Iklan Televisi, atau Iklan Internet)


Merek : Lontong Bang Toni 

Media : Iklan Internet 

Waktu : 30 detik 


Iklan : Cara untuk menawarkan produk makanan 

Kesimpulan isi iklan :

Menawarkan produk lontong dengan merek Lontong Bang Adi 

Lontong Bang Adi ialah lontong yang sehat dan berkualitas



0 Response to "Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 59 Buku tematik pembelajaran 1"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel